Postingan Populer

halaman

Jumat, 06 Desember 2019

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Traji

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Traji


Puskesmas Traji adalah Puskesmas yang terletak di Jl. Raya Bandunggede No.02 Traji Parakan Kode Pos 56254 Telepon (0293) 5914057, email: puskesmas.traji@gmail.com

Pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas ini adalah BP Umum, Farmasi, KIA, Persalinan, BP Gigi, dan Promosi kesehatan.
Berdasarkan pengalaman praktek kerja lapangan yang saya jalani di BP Gigi puskesmas Traji, Poli Gigi di sini dapat melayani tindakan promotif, preventif dan kuratif. Bisa dengan Umum ataupun BPJ.
1.  Layanan Promotif
     Adalah layanan kesehatan yang bersifat promosi kesehatan. Di puskesmas Traji terdapat layanan promotif penyuluhan yang diadakan bekerjasama dengan tenaga promkes di dalam puskesmas, dan kegiatan penyuluhan ke sekolah-sekolah Paud, TK dan SD, serta penyuluhan ke posyandu-posyandu yang berada di wilayah kerja puskesmas bekerjasama dengan tenaga Bidan. Kegiatan promotif ini dilakukan rutin secara rutin dan berkala.


2.   Layanan Preventif

      Adalah layanan kesehatan yang berfokus pada pencegahan sebuah penyakit. Beberapa kegiatan Preventif yang ada di Puskesmas Traji, yaitu:
a. Periksa rutin setiap bulan pada ibu hamil (ANC Terpadu), pada kegiatan ini ibu hamil
rutin memeriksakan kondisi gigi dan mulutnya, diperiksa juga salivanya, dan diberikan kartu KMGS Ibu hamil untuk mengetahui keluhan-keluhan Ibu hamil dan juka terdapat masalahdapat ditangani dengan segera. KMGS ibu hamil diberikan juga saat ada kunjungan ke posyandu.

b. Kunjungan ke Paud, TK, dan SD, kegiatan yang dilakukan rutin dan berkala setiap tahunnya ini, perawat gigi mendatangi sekolah untuk dilakukan kegiata menggosok gigi bersama dan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, dan juga melakukankegiatan Fissure Sealent pada gigi yang terindikasi. Selain kegiatan preventif, terdapat juga kegiatan penyuluhan sebelum dilakukan kegiatan preventif. Jika saat screening ditemukan indikasi cabut atau tambal gigi dilakukan perujukan ke puskesmas.
c. Kunjungan ke posyandu, selain melakukan kunjungan ke posyandu untuk memeriksa dan memberika KMGS Ibu hamil dan balita, terdapat juga pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut yang diberikan pada kader posyandu untuk mengontrol kesehatan gigi dan mulut di wilayah kerja puskesmas Traji
d. Scaling (Pembersihan karang gigi), khusus kegiatan scaling dilakukan di dalam gedung, karena memerlukan alat dan tempat yang memadai. Kegiatan pembersihan karang gigi ini dapat dinikmati oleh masyarakat dengan layanan umum, dikenakan tarif pada layanan ini.


3.   Layanan Kuratif

      Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat memberi pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian keccatan akibat penyakit agar kualitas penderita tetap terjaga secara optimal. Di puskesmas Traji sendiri terdapat layanan Kuratif seperti pencabutan gigi susu dan gigi permanen, penambalan gigi, pengobatanpenyakit gigi dan mulut dan lain sebagainya.



Selain layanan yang disebutkan di atas, terdapat juga layanan lain yang berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain di puskesmas Traji. Seluruh kegiatan layanan bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di Indonesia, khususnya di Kabupaten Temanggung.

2 komentar: